Sabtu, 27 Agustus 2016

Apa kabar semuanya…
Postingan hari ini saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai SAI. Karena minggu lalu saya menjumpai seorang temen yang tanya bagaimana sih caranya mendesain baju menggunakan Paint Tool SAI. Pasti kalian udah pada tau dong SAI itu software buat apa. Yak SAI itu buat gambar anime, kartun, atau manga. Pasti anak yang suka anime atau suka menggambar pada familiar banget sama SAI.


Terus sekarang kok saya gunakan untuk mendesain baju? Emang bisa? Nah itu yang saya bingungkan sendiri emang bisa ya mendesin baju menggunakan SAI. Pada penasaran kan.. Oke mari kita tengok di bawah ini.

1. Pertama-tama buka software nya, lalu pilih open. Silahkan kalian pilih mau memakai gambar yang ada di folder kalian atau mau buat sendiri dengan new layer.

2.           Di tutorial ini saya memakai gambar yang sudah jadi aja ya, biar lebih simple. Jadi nanti tinggal merubah dikit desain sama ganti corak bajunya. Oke setelah itu pilih line work yang berada di kotak di bawahnya selection source. Kalau bingung yang mana itu lihat gambar di bawah ini, udah saya lingkari dengan warna merah.

3.              Selanjutnya silakan buat pola mengikuti garis bajunya. Bila ingin lebih jelas polanya bisa mengurangi opacity layer 1. Dan di kotak line work nya bisa kalian namai sendiri biar tidak bingung nantinya.



Kalian bisa membuat detail seperti di atas. Jadi tiap bagian ada line worknya sendiri. Kenapa kok gitu, karena nanti kalau mewarnai biar mudah dan gak kecampur sama bagian yang lain. Setalah itu jadikan dalam satu folder. Caranya dengan klik icon folder di sebelah icon line work. Lalu buat folder baru dengan nama folder sketsa. Buat satu folder lagi dan namai warna baju.


4.              Kalian bisa membuat warna baju seperti baju sungguhan dengan mengaplikasikan tekstur kain. Jadi gambaran kalian bisa seperti desain baju sungguhan. Gimana caranya? Oke mari kita intip berikut ini.

.  Pertama buat bayangan disetiap lipatan baju. Caranya yaitu warnai lipatan baju dengan brush tapi size, min size dan density kurangin dikit seperti pada gambar yang saya lingkari, agar nantinya bisa tampak nyata. Sekalian warnai pitanya juga.

·                Lalu warnai bagia yang ingin diberi tekstur kain, dengan cara tambah new layer. Lalu seleksi bagian yang ingin diwarnai dengan magic wand. Nanti akan seperti gambar di bawah ini. Biarin kalau warnanya biru, karena itu warna asli saat kita menyeleksi.

·                     Nah warnai seperti ini. Selanjutnya pilihlah foto kain yang nantinya dijadikan tekstur bajunya. Dengan cara klik menu file>open atau ctrl+o.
                   
                             
·           Lalu copy foto yang telah dipilih tadi, sebelumnya diseleksi dulu dengan magic wand.

·         Selanjutnya pastekan di layer 4, yaitu layer tempat kita mewarnai bagian baju tadi. Tekan ctrl+T untuk menyesuaiakan, jika sudah sesuai tekan enter. Lalu centang clipping group seperti yang saya lingkari dengan warna merah, maka kain tadi akan terpotong sesuai dengan bagian yang kita warnai tadi.


5.              Akhirnya selesai juga desain bajunya. Sekarang tinggal disave di folder yang kalian inginkan. Tapi ingat file type-nya rubah dahulu menjadi jpg atau PNG. Biar nanti gambarnya bisa dibuka.

Ini lah hasil akhir kita mendesain tadi.

Gak sia-sia juga ngikuti tutorial yang panjang jika hasilnya lumayan hehehe..



Sekian tutorial dari artikel-daebak, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian-kalian yang membutuhkan. Sampai jumpa dipostingan berikutnya. Bye..

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

kalender

Translate

Popular Posts